Kiat Menghadapi Hadirnya Adik

July 11, 2008 at 3:32 am 1 comment

Taken from http://bunda2f.multiply.com/journal/item/102/Menghadapi_hadirnya_adik_bayi
 

Saya biasanya nyusuin adeknya sambil tiduran…sambil nyusuin si adek..si kakak saya ajak tiduran bareng juga…
tangan saya satunya menyangga kepala si adek..tangan saya yg lainnya mengelus2 kakaknya sambil ngajak ngorol dan main..

kalo malem..seandainya adeknya mo nyusu dan si kakak belum tidur..saya bilang gini”kak…bunda mo nyusuin adek dulu..kakak tunggu dulu ya…nanti kita bobok sama2..”
ato “kalo kakak udah ngantuk dan mo bobok sama2..yuk kita bobok sama2..sambil bunda susuin adek..kita bisa tidur sama2..tapi kita langsung tidur ya..gak usah main lagi.. biar adek bayinya bisa bobok juga kayak kita kalo malem”

Selain itu..anak2 itu kan paling suka membantu dan paling seneng dianggap hebat.. jadi trik saya biasanya meminta bantuan dan melibatkan si kakak dlm setiap kegiatan menyangkut adek bayinya..
“Kak..adeknya nangis ya..liat yuk…””Wah adeknya ngompol ya…kakak bisa tolongin bunda gak ngambilin popoknya adek di lemari?”begitu si kakak berhasil ngambilin popok dg bener…jangan ragu puji dia setinggi langit”Wah…pinter kakak…duh..makasih ya kak…seneng banget bunda dibantuin kakak”
Puji juga kakaknya di depan adeknya”Adek…tuh liat seneng ya punya kakak yg hebat..mau bantuin ngambilin popoknya adek..ntar kalo udah gede..belajar sama kakak ya dek..biar bisa pinter dan hebat kayak kakak”

Yah..hal2 semacam itu walaupun terlihat sepele..tapi besar banget lho artinya buat si kakak.. si anak merasa dihargai..merasa punya prestasi..dan ini bisa sedikit membantu mengurangi perasaan tersisihnya karena kedatangan adeknya..dan bisa membuat dia merubah sedikit pandangannya akan kedatangan si adek..

“oh…ternyata dg adanya adek gak membuat diriku jadi gak diperhatiin..aku tetep anak hebat”
Dg begitu kan dia berpikir dg adanya adek dia akan tetep jadi anak hebat yg mendapat perhatian ayah bundanya
 Trus kalo kita lagi mo nyusuin adek..kita juga bisa bilang gini “kak…bunda mo susuin adek dulu..ntar kita main lagi sama2 ya..”
 
Begitu acara menyusui selesai..segera penuhi janji kita..harus lho ini hukumnya… begitu kita berjanji..penuhi janji itu!!…..supaya si kakak tdk hilang kepercayaan pd kita…dan tdk benci sama adeknya..
Kalo ada pekerjaan2 lain tertinggal..lupakan dulu untuk sementara..penuhi dulu kebutuhan psikologis si kakak..ato kalo memang memungkinkan..bisa sambil dikerjakan bersama si kakak dg bantuan si kakak dg suasana yg menyenangkan buatnya…
Bantuan suami juga cukup berarti lho..biasanya kalo lagi gitu ya suami juga berperan sebagai pengganti kala kita tidak bisa menemani si kakak…misalnya menemani si kakak tidur.. menemani main…dsb…ato membantu mengerjakan bbp pekerjaan RT yg terbengkalai..
Tambahan….Jangan pernah sekali2 menyalah2kan kakak…atau memarahinya gara2 adeknya…Misalnya adeknya nangis trus kita marah pada si kakak gara2 kakaknya ribut atau berisik.. walaupun kenyataannya si kakak memang berisik pd saat adeknya tidur…tp kita tdk boleh memarahinya dan mengucapkan…”gara2 kakak berisik sih”…ini adalah BIG NO!!…
Menyalahkan kakak karena si adek cuma akan memunculkan kebencian dan dendam kakak pd adeknya…jika hal ini berulang terjadi…bisa saja si kakak jadi sulit dekat dg adeknya.. karena kakak menganggap adeknya sebagai ancaman…
Cara penyampaian dan pendekatan kita terhadap kakak ini penting banget…salah kata dan pendekatan bisa celaka…pakai pendekatan empati…dan jangan pakai cara penghakiman…
Misalnya:
“Kak…adeknya lagi bobok…..jangan berisik…kasihan adeknya nanti boboknya terganggu… kalo adek boboknya terganggu kan kasihan..adeknya nanti gak bisa cepet gede…trus kitanya juga nanti yg bakal repot sendiri…bunda gak bisa ngapa2in…gak bisa masakin buat kakak…gak bisa nemenin kakak main/belajar..kakak juga mau main nanti keganggu adek…”
 
Berikan larangan tapi dg penjelasan yg masuk akal dan gampang diterima anak2…Jika si adek sudah lebih besar…jangan lupa….posisi kakak dan adek adalah sama…jadi jangan pernah meminta kakak selalu mengalah pada adek…ini juga Big NO!!
Meminta kakak mengalah pada adek hanya karena alasan adek masih kecil sangatlah tdk bijak…Kakak nantinya bisa rendah diri dan merasa dianak tirikan…bisa muncul dendam dan benci pd si adek..dsb..sementara si adek merasa di atas angin… selalu merasa benar dan tdk mau disalahkan…dan menjadikan “masih kecil” ini sebagai senjata…
Jika terjadi pertengkaran antara kakak dan adek…biasakan untuk selalu melihat dg obyektif.. jangan menyalahkan si kakak atau meminta kakak “mengalah” pd adek kecilnya…berikan penjelasan kepada kedua belah pihak secara berimbang…

Entry filed under: Serba Serbi Bayi & Anak. Tags: .

P3K Anak Jatuh Nursing Room wilayah Jakarta & Bandung

1 Comment Add your own

  • 1. nk_zahra  |  July 23, 2008 at 5:59 am

    Nuun…kae nya musti ditambahin..si kaka bisa juga diceritain buku cerita yang isinya gambar dan cerita bumil bersama ayah dan seorang anak…:D..ada penjelasan ilmiah juga lho…bagus tuuh

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

July 2008
M T W T F S S
    Aug »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: